Cover Warta Jemaat 06 September 2015

1706 / WG / IX / 2015
Minggu, 06 September 2015
Tahun XLVI

DIPIMPIN ROH
“Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh" (Galatia 5:25)

Dengan cara yang amat ajaib. Tuhan Allah memimpin umat Israel keluar dari negeri Mesir, negeri dimana  selama kurang lebih 400 tahun mereka menjadi budak, menuju ke Negeri Perjanjian, Kanaan, yang penuh dengan susu dan madu. Bagaimana caranya? Allah sendirilah yang hadir dalam Tiang Awan di waktu siang dan Tiang Api di waktu malam, di depan barisan umat Israel. Jika tiang awan / api berhenti, mereka pun berhenti, jika bergerak, mereka pun bergerak. Mereka mengikuti pimpinan Tuhan ini dengan penuh ketaatan.
Apa yang dialami oleh umat Tuhan di atas dalam surat Galatia kembali diungkapkan untuk menjadi contoh bagi kehidupan umat Tuhan di zaman Perjanjian Baru, termasuk kita yang hidup di akhir zaman ini. Kita tidak pernah dibiarkan berjalan sendiri di dunia ini. Roh Kudus yang menghidupkan kita menjadi Pemimpin kita. Bagaimana pimpinan Roh Kudus dalam hidup seseorang dapat diketahui?
Pertama, apabila kita tinggal di dalam Firman Tuhan dan FirmanNya tinggal di dalam kita. Semua penyataan Allah telah diilhamkan Roh Kudus kepada para penulis dalam Alkitab, sehingga pimpinanNya tidak mungkin berbeda dengan apa yang sudah diilhamkan-Nya.
Kedua, melalui doa, Doa sebagai sarana komunikasi antara kita dengan Allah merupakan nafas hidup orang percaya. Selama tidak ada komunikasi yang efektif, maka pimpinan Roh Kudus tidak akan dapat diketahui dengan jelas, melalui doa kita melatih telinga rohani dan kepekaan hati kita untuk mendengar suaraNya.
Ketiga, mendatangkan damai sejahtera. Ini merupakan tanda yang bersifat pribadi, hanya dapat dipahami oleh orang bersangkutan yang mengalaminya. Orang yang mengerti dengan jelas pimpinan Roh Kudus akan melangkah dengan mantap dalam mengambil setiap keputusan, sekalipun di depan ada banyak tantangan.
Hanya jika kita dipimpin oleh Roh Kudus maka kita tidak akan dapat dipimpin oleh daging yang membinasakan. Mintailah pimpinanNya dan taatilah      
HIDUP YANG DIPIMPIN OLEH ROH KUDUS ADALAH HIDUP YANG BERBUAH TERUS

1 komentar:

  1. syalom....
    saya jumawan mahasiswa ITS, saya baru di Surabaya, biasa saya ibadah di GIA, apakah ada GIA yang dekat dengan ITS, terimakasih Tuhan memberkati

    BalasHapus