Cover Warta Jemaat 03 April 2011

1471 / WG / IV / 2011
Minggu, 03 April  2011
Tahun XLI
PENGHAKIMAN ALLAH
Dan aku mendengar mezbah itu berkata: "Ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa, benar dan adil segala penghakiman-Mu." (Wahyu 16:7)

Banyak orang, bahkan orang Kristen sendiri, yang tidak suka mendengar kata "penghakiman Allah". Bahkan mereka beranggapan bahwa Allah yang menghakimi itu bukanlah Allah yang benar. Allah tidak sekejam itu. Allah itu harusnya Allah yang baik dan penuh kasih. Konsep tentang Allah yang baik yang tidak pernah menjatuhkan hukuman bukanlah konsep Alkitab. Allah seperti itu hanyalah "berhala" buatan manusia sendiri. Wahyu 16 berbicara dengan tegas tentang penghakiman Allah, dengan menekankan bahwa penghakimanNya itu adalah benar dan adil. Tindakan penghakiman Allah pasti mendatangkan penderitaan. Sekalipun demikian, tidak semua penderitaan manusia adalah karena penghakiman Allah. Dunia yang menindas umat Allah tidak seharusnya merasa heran terhadap banyaknya penderitaan di dunia ini.
Penghakiman Allah bukan hanya untuk membela dan membenarkan umatNya yang tertindas (bandingkan dengan 6:9-11; 8:3-6), tetapi juga untuk menarik perhatian dunia dan menawarkan kesempatan untuk bertobat (16:9,11,21). Fakta bahwa banyak orang tidak bertobat saat menghadapi penghakiman tidaklah mengejutkan (16:9). Ironisnya, mereka marah pada Allah dan menghujat Dia. Fakta ini menunjukkan kekerasan hati manusia dan dalamnya pemberontakan manusia terhadap Allah.
Masa penghakiman itu pasti ada. Karena itulah mengapa Allah telah memberikan anugerahNya melalui Yesus supaya mereka tidak jatuh di dalam penghukumanNya yang kekal. Kita juga adalah duta-duta Allah untuk menjadi pembawa kabar damai ini supaya sebanyak mungkin manusia dapat diselamatkan. (LI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar