Cover Warta Jemaat 15 Mei 2011

1478 / WG / V / 2011
Minggu, 15 Mei  2011
Tahun XLI

PERLU TENANG
"Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu." (Yesaya 30:15)

Hidup di zaman modern ini semuanya serba cepat; demikian juga perubahan-perubahan yang terjadi begitu cepat, sehingga tidak jarang akan membuat orang menjadi stres atau tidak tenang; jika hal ini terjadi, tidak menutup kemungkinan orang tidak lagi bisa menggunakan akal sehat, sehingga orang bisa menggunakan segala cara, meskipun hal itu melanggar aturan, asal bisa memperoleh apa yang diinginkannya. Hal semacam ini banyak terjadi sekarang ini, dan menimpa semua orang, termasuk juga anak-anak Tuhan.
Lalu, sebenarnya bagaimana sikap kita menghadapi keadaan semacam ini? Mari kita perhatikan apa kata Firman Tuhan: "Kesudahan segala sesuatu sudah dekat, karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa." (1 Petrus 4:7). Dari ayat Firman Tuhan di atas, ada dua hal perlu kita lakukan yaitu menguasai diri dan menjadi tenang. Bila kita bisa menguasai diri, jelas kita dapat mengontrol emosi dan pikiran kita, sehingga semua perbuatan akan kita lakukan dengan kepala dingin. Demikian juga dengan menjadi terang, berarti kita tidak lagi bertindak sembrono dan ceroboh. Dengan kita mampu mengontrol diri dan tenang, sudah pasti kita bisa berdoa dengan benar. Firman Tuhan menyatakan: "orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota" (Amsal 16:32b). Demikian juga: "..dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu." (Yesaya 30:15b). Di zaman akhir ini, setiap anak Tuhan harus hidup lebih sungguh-sungguh di dalam Kristus. Meskipun kita harus menghadapi beratnya tekanan hidup, tetapi keyakinan kita akan Dia tetap kokoh, bahwa Yesus berkuasa untuk memberikan kepada setiap kita kemenangan. Karena itu, sebesar apapun persoalan yang kita hadapi, sehebat apapun badai yang menghadang, dengan iman kita katakan bahwa Tuhan kita Yesus Kristus lebih besar dari semuanya itu. Jadi buat apa cemas, buat apa takut.
"Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita." Roma 8:37

Tidak ada komentar:

Posting Komentar